Sanggau Kalbar, Suaraborneo.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) MTh Djaman menggelar Focus Group Discussion (FGD) di lantai dua gedung rumah sakit, pada Jumat (6/9/2024), dengan tujuan untuk meningkatkan mutu dan pelayanan kepada masyarakat. Kegiatan ini rutin dilakukan sebagai bagian dari upaya manajemen rumah sakit dalam memperbaiki kualitas layanan.Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) MTh Djaman menggelar Focus Group Discussion (FGD). (Foto:tk)
Acara FGD ini dihadiri oleh Kepala Kantor BPJS Perwakilan Sanggau, Dian, para dewan pengawas RSUD, perwakilan Puskesmas Tanjung Sekayam dan Puskesmas Sanggau, Lurah se-Kota Sanggau, organisasi profesi dokter dan perawat, perwakilan tokoh masyarakat, serta perwakilan pasien.
Direktur RSUD MTh Djaman, Roy Naibaho, yang didampingi Kepala Bidang Pelayanan Medik dan Perawatan, memaparkan berbagai materi yang menjadi bahasan utama dalam forum tersebut. "FGD ini merupakan amanah dari Kemenpan RB, yang bertujuan untuk mengevaluasi apakah pelayanan RSUD sudah memenuhi standar atau belum," jelasnya.
Roy juga berharap melalui FGD ini, peserta dapat memberikan masukan dan saran yang konstruktif guna mendukung peningkatan pelayanan rumah sakit ke depannya. "Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu dan pelayanan. Lewat forum ini, kami ingin mendengar saran agar kami mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki," ujarnya.
Selain itu, manajemen RSUD MTh Djaman telah melakukan survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk semester 1 tahun 2024. Hasil survei menunjukkan bahwa seluruh unit layanan RSUD berhasil memperoleh skor yang memuaskan, di antaranya:
- Poli Rawat Jalan: IKM 93,94 (Mutu A, Kriteria Sangat Baik)
- Rawat Inap: IKM 89,63 (Mutu A, Kriteria Sangat Baik)
- Kebidanan: IKM 90,47 (Mutu A, Kriteria Sangat Baik)
- Farmasi: IKM 88,52 (Mutu A, Kriteria Sangat Baik)
- IGD: IKM 89,36 (Mutu A, Kriteria Sangat Baik)
- Laboratorium: IKM 96,02 (Mutu A, Kriteria Sangat Baik)
- Radiologi: IKM 86,56 (Mutu B, Kriteria Baik)
- ICU: IKM 95,28 (Mutu A, Kriteria Sangat Baik)
- Hemodialisa: IKM 99,90 (Mutu A, Kriteria Sangat Baik)
"Survei ini melibatkan 119 responden, dan kami pastikan bahwa hasilnya objektif tanpa rekayasa, diisi langsung oleh para responden tanpa intervensi. Data diolah sesuai dengan metode yang tercantum dalam Kemenpan Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat," ungkap Roy.
Roy juga menambahkan bahwa RSUD MTh Djaman membuka layanan pengaduan melalui media sosial dan WhatsApp sebagai bentuk komitmen dalam menerima kritik dan saran dari masyarakat. "Kami berharap FGD ini menghasilkan masukan yang bermanfaat untuk terus meningkatkan pelayanan RSUD ke depannya," tutupnya. (Tk)