-->

Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu Bawaslu Kabupaten Landak

Editor: Antonius
Sebarkan:

Foto bersama setelah acara pembukaan (foto Antonius)
LANDAK, Suaraborneo.id - Bawaslu Kabupaten Landak menggelar kegiatan Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu dengan tema “Inventarisasi dan Penyelesaian Masalah Pengawas Adhoc” yang berlangsung di aula Hotel Hanura Ngabang pada Selasa (11/09/2024). 

Acara ini dibuka oleh Koordinator Divisi SDMo Arifian, didampingi oleh Drs Theresia, dan dihadiri oleh ketua Panwascam serta kepala sekretariat dan staf se-kabupaten Landak.

Dalam sambutannya, Arifian menekankan pentingnya kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman para pengawas pemilu adhoc. 

“Pembinaan ini diperlukan agar pengawas pemilu dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa dengan adanya fasilitasi dan pembinaan ini, diharapkan aparat pengawas pemilu di Kabupaten Landak akan lebih siap dan mampu menjalankan tugas dengan baik, mengurangi potensi pelanggaran, serta meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses pemilu.

Dalam kesempatan itu, Anggota Bawaslu Kabupaten Landak, Drs Theresia, menegaskan pentingnya dalam waktu dekat membentuk pengawas TPS untuk meningkatkan penyelenggaraan di tingkat desa. 

“Kita tidak mau kerja kita terganggu dengan kendala di tingkat,” tegasnya, seraya meminta kerja sama semua pihak dalam melaksanakan tugas pengawasan sesuai dengan aturan yang ada.

Ketua Panitia, Sepanus Beni, melaporkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas bagi Panwascam dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka.

 Kegiatan dilaksanakan dengan metode tatap muka dan diskusi tanya jawab yang dipandu oleh moderator, serta diundangnya narasumber, yaitu Dr. Nur Hamzah, S.Pd.I., M.Pd. dari IAIN Pontianak dan Tata, S.Sos., anggota Bawaslu Kabupaten Landak periode 2018-2023.

Dengan pelaksanaan kegiatan ini, Bawaslu Kabupaten Landak berharap agar panwascam dapat mempersiapkan diri dengan baik dalam pengawasan pemilu mendatang serta meningkatkan integritas dan kapasitas masing-masing anggota.(Anton)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini